4 Pilihan Menu MPASI yang Cocok untuk Bayi Usia 9 Hingga 12 Bulan

4 Pilihan Menu MPASI yang Cocok untuk Bayi Usia 9 Hingga 12 Bulan

Hal utama yang harus diperhatikan dalam memberikan makanan untuk si kecil adalah nutrisinya. Namun, jangan juga berikan jenis makanan yang rasanya tidak disukai anak karena mementingkan nutrisinya. Bubur tim bayi salah satu jenis makanan yang cocok untuk diberikan pada anak setelah menginjak usia 9 bulan hingga 12 bulan.

Periode usia ini anak sudah mulai mengenal rasa sehingga Anda bisa memberikan makanan yang sudah diberikan garam atau gula, tapi takarannya masih sedikit. Selain itu, juga dapat berikan finger food untuk melatih motorik si kecil.

Menu untuk Si Kecil Usia 9-12 Bulan

Bagi ibu yang bingung mau buat menu makanan apa untuk si kecil saat sudah mulai punya banyak gigi, ada banyak pilihan sebenarnya. Misalnya beberapa pilihan menu berikut ini yang akan disukai si kecil:

1.     Bubur Tim dengan Campuran Sayuran

Anda sudah bisa memberikan bubur tim pada anak dengan usia 9 bulan ke atas, tambahkan sayuran yang sudah dilumatkan ke dalam bubur tim untuk mengenalkan si kecil dengan berbagai rasa.

Mengenalkan anak pada sayuran sejak dini sangat penting. Pilihan sayuran yang bisa Anda berikan adalah wortel, kentang, brokoli, atau bayam. Karena jenis sayuran ini mudah dihancurkan, punya kandungan nutrisi yang baik, juga rasanya mudah disukai.

2.     Berikan Buah-buahan dengan Potongan Kecil

Selain memberikan bubur tim bayi, Anda juga dapat berikan buah-buahan sebagai camilan si kecil. Buah seperti pepaya, mangga, pisang, alpukat, atau apel bisa dijadikan pilihan. Perhatikan si kecil saat makan, jangan sampai ia memakan dalam jumlah banyak sekali suapan. Jadi, berikan dalam potongan-potongan kecil.

Apabila anak belum siap mengonsumsi buah-buahan dalam bentuk potongan kecil, Anda dapat memilih melumatkannya agar lebih mudah dikonsumsi. Berikan 3-4 kali sehari dengan porsi sekitar 4-5 potongan kecil saja.

3.     Biskuit Lumer

Pilihan lainnya adalah memberikan biskuit yang mudah lumer. Anda bisa membeli biskuit khusus bayi dan tidak memberikannya biskuit orang dewasa, karena kandungan gula dalam biskuit dewasa lebih tinggi dan dapat menyebabkan si kecil kelebihan gula.

4.     Sereal Bayi

Sekarang juga sudah banyak dijual sereal yang diperuntukkan bagi bayi, teksturnya jauh lebih lembut daripada yang untuk orang dewasa. Bisa terbuat dari gandum maupun jenis sereal lainnya. Penyajiannya mudah dan cepat cocok untuk ibu yang sibuk.

Jadi, makanan mana yang akan Anda berikan pada si buah hati? Sebaiknya, berikan berselang dengan menu yang berganti sehingga si kecil mengenal banyak jenis makanan dan tidak pilih-pilih. Misalnya, hari ini memberikan bubur tim bayi besok berikan sereal. Namun, utamakan memberikan makanan dengan rasa yang disukai si kecil dan memiliki nutrisi seimbang sehingga dapat membantu pertumbuhan fisik dan kecerdasan sang buah hati.

 

Parenting