Cara Mengingkatkan Kekebalan Tubuh Terhadap Penyakit

Cara Mengingkatkan Kekebalan Tubuh Terhadap Penyakit

Seiring usia bertambah, daya tahan tubuh harus ditingkatkan. Sistem kekebalan tubuh yang mengalami penurunan akan berdampak besar pada Kesehatan sehingga cenderung punya resiko lebih tinggi terkena infeksi virus & bakteri. Jadi, penting untuk mengetahui cara meningkatkan kekebalan tubuh terhadap penyakit.

Tips Jitu Menjaga Imunitas Tubuh

Sistem kekebalan tubuh yang kuat akan melindungi anda & keluarga dari berbagai paparan penyakit. Berikut beberapa cara agar imunitas tubuh terjaga:

  1. Cukup tidur

Mulai dari hal paling dasar, istirahatlah yang cukup! Ketika tidur, tubuh mengsekresikan zat sitokin yang membantu tubuh merespon peradangan. Kurang tidur akan mempengaruhi tubuh dalam produksi antibody & sel-sel lain. Orang dewasa harus mendapatkan tidur kurang lebih 7 hingga 8 jam setiap harinya.

Jika sulit tidur, kalian bisa membuat jadwal waktu tidur & bangun yang konsisten. Mengatur lingkungan tidur yang kondusif juga penting. Misalnya, pastikan kamar tidur bebas bising & gangguan lain. Mengurangi pemakaian ponsel sebelum tidurjuga penting.

  1. Olahraga teratur

Olahraga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dengan olahraga teratur, tubuh menjadi lebih sehat karena Imunoglobulin A (IgA A) dalam tubuh meningkat. Tak perlu olahraga berat, kalian cukup melakukan jalan kaki, menari, atau olahraga ringan lainnya selama 20 hingga 30 menit secara rutin. Olahraga yang rutin juga terbukti mengurangi resiko penyakit jangtung.

  1. Membiasakan hidup bersih

Salah satu cara meningkatkan kekebalan tubuh terhadap penyakit adalah dengan membiasakan hidup bersih. Cara terbaik adalah dengan mencuci tangan dengan air bersih & sabun secara merata. Kebiasaan ini sebaiknya diterapkan sebelum makan, setelah kontak dengan orang sakit, setelah menggunakan fasilitas atau transportasi umum, dll.

  1. Lengkapi kebutuhan nutrisi

Nutrisi yang tidak memadai akan membuat sistem imun berkurang dalam menghasilkan respon yang efektif. Agar sistem imun berfungsi dengan baik, sel tubuh memerlukan zat gizi makro dari lemak, protein, dan karbohidrat. Di sisi lain, zat gizi mikro berperan penting memproses metabolism tubuh & bisa bertindak sebagai antioksidan jika tubuh mengalami stress. Seperti kita tahu, vitamin C, D, E & seng bisa mempengaruhi sel-sel kekebalan tubuh.

Sayangnya, masih banyak orang menyepelekan untuk memenuhi zat gizi. Padalah sistem imun memerlukan asupan nutrisi yang berimbang, beragam, dan teratur. Mengkonsumsi makanan lengkap & bergizi seimbang saja tidak cukup. Minum 1 atau 2 gelas Boost Optimum setiap hari juga termasuk salah satu cara meningkatkan kekebalan tubuh terhadap penyakit. Kandungan protein whey-nya yang lengkap & mudah diserap tubuh akan memberi manfat yang sangat besar. Selain untuk pembentukan sel tubuh, protein juga membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Boost Optimum juga mengandung 26 vitamin & mineral serta probiotik dan prebiotic untuk merangsang sel-sel kekebalan mukosa usus.

Lifestyle