Ciri Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini, Apa Sajakah?

Ciri Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini, Apa Sajakah?

Semakin berkembangnya si kecil, semakin banyak pula yang ia alami dan memiliki ciri perkembangan kognitif anak usia dini. Ciri-ciri perkembangan yang dialami oleh anak usia 4 tahun yaitu sudah memiliki tingkat kreativitas dan imajinatif yang tinggi.

Hal ini dapat dilihat dari saat Bunda membacakan cerita. Saat Bunda menceritakan sesuatu atau membacakan dongeng, biasanya si kecil dapat mengarang atau mengulangi cerita berdasarkan versinya. Tidak hanya sampai disitu, ia juga akan memiliki beberapa teman khayalan yang diajak untuk bermain olehnya.

Yuk lihat beberapa ciri perkembangan kognitif pada anak usia dini di bawah ini!

Ciri Perkembangan Kognitif Pada Anak

Tahukah Bunda pada saat anak menginjak usia 4 tahun, si kecil akan memiliki perkembangan kognitif yang terlihat dari beberapa ciri dibawah ini. Ciri perkembangan kognitif anak usia dini diantaranya :

1. Senang Menebak Apa yang Ada di Buku Cerita Pada Saat Bunda Membacakannya

Kebanyakan anak usia umur 4 tahun sudah mulai bisa menebak apa yang akan terjadi pada saat Bunda membacakan cerita. Hal ini dikarenakan imajinatif yang meningkat pada otak anak. Walaupun sang Bunda belum melanjutkan cerita, namun biasanya si kecil akan menebak apa yang akan terjadi sesuai dengan tingkat imajinasinya.

2. Bisa Berhitung Sampai 20 Sembari Menunjuk Apa yang Dilihat 

Hal ini merupakan ciri  perkembangan kognitif pada anak usia dini, yakni usia 4 tahun yang perlu Bunda ketahui. Jika si kecil dapat berhitung sampai 20 dengan menunjuk beberapa benda yang dilihatnya, Hal ini umum terjadi pada anak usia 4 tahun karena pertumbuhan dan perkembangan yang baik pada segi kognitif yang dimilikinya.

3. Mampu Mengenali Warna dan Bentuk Dengan Benar 

Anak usia 4 tahun mulai dapat mengenali warna dan bentuk dengan benar. Hal ini adalah tingkatan yang lebih tinggi pada saat anak berusia 4 tahun. Jika sebelumnya anak belum mampu membedakan mana warna merah dan warna biru, di usia ini setidaknya anak bisa membedakan mana warna yang benar dan mengucapkannya.

4. Mulai dapat belajar membaca

Ciri perkembangan kognitif anak usia dini yang keempat adalah anak mulai bisa belajar membaca. Ketika anak sudah mampu membaca, itu artinya perkembangan kognitif pada anak tersebut sudah meningkat.

Untuk membantu perkembangan kognitif anak di usia dini, Bunda juga dapat memberikan asupan bergizi dengan nutrisi yang seimbang dan mengandung omega 3 & 6 serta DHA untuk membuat perkembangan anak jauh lebih optimal di usianya.

Asupan omega 3 dan 6 yang dikonsumsi si kecil setiap hari dipercaya mampu mengoptimalkan kemampuan otak dan motoric halus anak.

Parenting