Kegiatan Sederhana Agar Anak Paham Cara Melestarikan Lingkungan

Kegiatan Sederhana Agar Anak Paham Cara Melestarikan Lingkungan

Apakah anak Bunda suka bereksplorasi dengan alam dan lingkungan di sekitarnya? Mungkin saja mereka sering mengajak atau berpergian ke taman ataupun pantai ketika liburan dan melakukan aktivitas di luar rumah dengan kawannya.

Lantas, bagaimana cara agar anak mau melestarikan lingkungan dan mau menjaga lingkungan sekitarnya dengan baik? Bukan hanya saat mereka masih anak-anak saja. Namun komitmen melestarikan alam dan lingkungan seumur hidup.

Ternyata banyak upaya agar anak tahu pentingnya menjaga kelestarian alam dan lingkungannya. Berikut beberapa kegiatan sederhana yang dapat Bunda berikan :

1. Membiasakan untuk membiang sampah di tempat sampah

Cara sederhana untuk melestarikan alam dan lingkungan ini perlu ditanamkan pada anak sedini mungkin. Pasalnya banyak orang yang membuang sampah sembarangan karena mereka tidak sadar akan hal tersebut.

Banyak yang bilang, kebiasaan buruk sangat mudah terbentuk tapi sulit dihilangkan. Ajarkan anak membuang sampah dengan baik sejak dini sebagai upaya untuk melestarikan lingkungannya.

2. Ajak mereka bercocok tanam

Anak-anak selalu belajar lewat kegiatan dan aktivitas yang mereka lakukan setiap hari bersama keluarga dan temannya.  Tak ada salahnya mengajak anak bercocok tanam agar membangun minat terhadap lingkungan dan alam.

Melibatkan anak pada kegiatan di lingkungan juga merupakan cara melestarikan lingkungan terbaik bagi anak-anak. Mulailah dengan mengajaknya menanam tanaman yang sederhana, misalnya tomat di belakang rumah.

Atau juga bisa menanamkan berbagai tanaman lain yang tidak membutuhkan perawatan rumit. Dengan bercocok tanam, anak akan terbiasa dengan lingkungan dan ingin melestarikan alam hingga dewasa.

3. Mengajarkan anak hemat air dan listrik

Menghemat penggunaan listrik dan air di rumah merupakan tindakan sederhana yang bisa diajarkan pada anak. Tindakan ini sangat penting karena jika terlalu berlebihan saat memakainya malah berdampak buruk bagi lingkungan.

Pemakaian listrik yang berlebihan akan menyebabkan polusi. Seperti yang kita tahu, sumber tenaga utama listrik adalah batu bara yang diolah secara khusus.

Sedangkan kebiasaan boros air juga bisa mengurangi jumlah air bersih di alam. Secara tidak langsung juga membawa ancaman berbahaya bagi kehidupan tumbuhan, hewan dan manusia itu sendiri.

4. Ajak berkegiatan di alam bebas

Mengajak anak bermain di alam terbuka juga turut mendukung anak menjadi pribadi yang bertanggung jawab dan tentunya bisa membangun kepedulian pada lingkungan.

Alam terbuka selalu mengundang interaksi, spontanitas anak, eksplorasi, pengambilan resiko dengan cepat, penemuan baru dan juga berbagai hal lain yang berhubungan dengan alam.

Kegiatan tersebut juga menumbuhkan apresiasi mendalam pada lingkungan. Yang selanjutnya juga mendorong pengembangan terhadap kesadaran lingkungan hingga ingin mengikuti platform pendidikan lingkungan.

Mengajarkan anak untuk melestarikan  lingkungan harus dilakukan bunda sejak dini. Jangan sampai pelajaran penting ini tidak diajarkan kepada anak. Semoga beberapa kegiatan di atas bisa dijadikan patokan mengajarkan anak kelestarian lingkungan.

Lifestyle