Ragam Manfaat Vitamin B untuk Tubuh

Ragam Manfaat Vitamin B untuk Tubuh

Manfaat vitamin B penting bagi tubuh sebagai penghasil energi sehingga mendukung pertumbuhan sekaligus perkembangan sel pada tubuh. Saat ini, ada berbagai jenis Vitamin B dengan fungsi umum yang berbeda pula serta mungkin belum banyak diketahui.

Secara keseluruhan, kandungan ini memiliki delapan jenis berbeda yang sangat kompleks serta dibutuhkan oleh tubuh. Sebagian besar nutrisi tersebut bisa didapatkan melalui makanan hewani. Berikut ini daftarnya:

Vitamin B1 (Thiamine)

Pertama adalah Thiamine, berguna untuk melindungi sistem saraf agar tetap sehat sekaligus membantu kinerja metabolisme dalam menghasilkan nutrisi juga energi. Tak hanya itu, jenis vitamin ini juga dibutuhkan dalam perkembangan sejumlah fungsi sel serta jaringan pada tubuh.

Kadar direkomendasikan untuk thiamine orang dewasa kisaran 1,1 sampai 1,2 miligram per hari. Ada banyak makanan yang memilikinya seperti pisang, jeruk, nasi merah, sereal serta ragam kacang-kacangan. Akan lebih baik jika Anda mengonsumsinya dengan cara direbus atau dipanggang tanpa lemak jenuh.

Vitamin B2 (Riboflavin)

Riboflavin berguna untuk menjaga daya tahan tubuh terutama sistem saraf, kulit juga mata. Fungsi lainnya yaitu membantu pencernaan pada makanan yang mengandung lemak, protein dan karbohidrat. Untuk orang dewasa, konsumsi Riboflavin adalah 1,1 – 1,2 miligram per hari dari makanan seperti ikan salmon, susu, kuning telur, gandum, tuna hingga kacang almond.

Vitamin B3 (Niacin)

Niacin juga punya berperan dalam menjaga fungsi saraf, kesehatan pada kulit sekaligus menambah energi pada tubuh. Sumber B3 banyak ditemukan jenis makanan telur, ikan atau daging yang juga memiliki kadar protein tinggi.

Vitamin B5 (Pantothenic Acid)

Jenis vitamin ini baik terhadap tahap pertumbuhan serta produksi hormon dalam tubuh. Konsumsi ideal untuk Pantothenic Acid adalah 5 miligram dalam satu hari dan bisa ditemukan di berbagai jenis sayuran, daging dan gandum.

Vitamin B6 (Yridoxine)

Berikutnya adalah vitamin yang membantu pembentukan hemoglobin, sebuah komponen sel darah merah dan bekerja untuk mengedarkan oksigen. Tak hanya itu, B6 juga mampu mengubah protein serta karbohidrat menjadi sumber energi.

Vitamin B7 (Biotin)

Serupa dengan jenis lainnya, B7 akan mengubah makanan menjadi sumber energi dan berperan dalam menjaga kesehatan kulit, mata, sistem saraf dan hati. Sumber B7 berasal dari pisang, kol, kacang, jamur hingga jeroan.

Vitamin B9 (Folic Acid)

B9 akan memproduksi sel darah merah dan mendukung perkembangan tubuh termasuk janin sehingga sehat bagi ibu hamil. Konsumsi ideal orang dewasa untuk B9 adalah 400 mikrogram sedangkan ibu hamil sebesar 600 mikrogram. Kangkung, buncis, kacang merah dan kacang polong adalah sejumlah makanan yang mengandung folic acid.

Vitamin B12 (Cobalamin)

B12 bekerja untuk memproduksi sel darah merah sekaligus mengubah setiap makanan menjadi bakal energi sehingga menunjang imun tubuh. Beberapa makanan dari cobalamin adalah susu, telur serta keju.

Itulah berbagai manfaat vitamin B, semoga bisa menjadi rekomendasi dalam memilih berbagai makanan sehat untuk Anda dan keluarga.

Kesehatan